Telkom Hadirkan WiFi Corner 2.0 di Sekolah

Posted by Webmaster Sekolah Enterpreneur

Gresik (beritajatim.com) - Akhirnya Gresik punya WiFi Corner yang berada di public area, tepatnya  di lahan milik SMAN 1 Gresik, berhadapan dengan kantor Dinas Pendidikan Gresik. Letaknya yang strategis agaknya menjadi salah satu pertimbangan Telkom untuk melakukan kerjasama.

WiFi Corner peruntukannya nanti tidak hanya untuk civitas academika SMAN tersebut. Namun juga untuk publik. 

Berukuran 8 x 5 m, WiFi Corner ini dilengkapi dengan high speed access internet 100 Mbps dan idealnya dapat digunakan secara nyaman sampai dengan 40 orang pengunjung.

Peresmian WiFi Corner 2.0 dilakukan bertepatan dengan acara perayaan hari ulang tahun SMAN 1 Gresik yang ke-54. Tampak hadir Wakil Bupati Gresik, Dr H Muhammad Qosim, MSi, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gresik, dan General Manager Telkom Surabaya Utara, Ahmad. 

Usai acara peringatan ulang Tahun Sekolah dan peresmian WiFi Corner 2.0 ini, Wakil Bupati Gresik, yang juga merupakan alumni dan mantan kepala sekolah SMAN 1 Gresik tahun 1997 mengatakan rasa bangganya  dengan perkembangan SMAN 1 Gresik yang sangat pesat, terlebih lagi dengan menggandeng Telkom merealisasikan sebuah WiFi Corner 2.0 di Kawasan SMAN 1 Gresik. Dengan adanya WiFi Corner 2.0 ini diharapkan dapat mempersiapkan masyarakat zaman now yang peka terhadap teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya, apalagi saat ini penggunaan media sosial merupakan suatu hal yang dibutuhkan.
 
“Kami merasa sangat bergembira dengan kerjasama ini, dimana pihak SMAN 1 Gresik menyediakan lahannya sebagai lokasi WiFi Corner yang bisa diakses oleh public. Hadirnya Wifi Corner 2.0 ini diharapkan dapat menunjang keinginan kepala sekolah untuk menjadikan SMAN 1 Gresik menjadi sekolah yang tidak hanya berbasis IT namun juga berbasis entrepreneurship. Selain itu, dengan adanya WiFi Corner 2.0 ini diharapkan menjadi solusi bagi tumbuhnya enterpreneurship skill dari warga Gresik karena akan memudahkan warga menggunakannya misalnya untuk berjualan online," beber General Manager Telkom Surabaya Utara, Ahmad.
 
Kepala Sekolah SMAN 1 Gresik, Drs. Suswanto, M.M. mengungkapkan pula bahwa pihaknya tidak menjadikan sekolah hanya sebagai tempat belajar namun juga ingin membekali siswanya dengan ketramilan entrepreneur. Dengan adanya WiFi Corner 2.0 ini nanti, selain warga bisa mengakses, juga memudahkan siswa-siswanya, para alumni nya, juga komunitas-komunitas lain untuk memanfaatkan. Terhitung sampai saat ini, jumlah alumni SMAN 1 Gresik tak kurang dari 16 ribu, dan mereka terkadang mempunyai kegiatan di sekolah dengan memanfaatkan fasilitas di beberapa  laboratorium IT yang ada di sekolah ini.
 
Agar WiFi Corner 2.0 ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi warga Gresik, Ahmad menyarankan selain lokasi public area sekolah seperti halnya di SMAN 1 Gresik ini, lokasi-lokasi co-working space sebagai tempat berkumpul para start up juga menjadi segmen startegis untuk diberikan akses WiFi Corner 2.0. “Asal lokasinya berbadan hukum dan punya ijin usaha, dan tentu saja terjangkau jaringan Fiber Optik Telkom," tandasnya. [rea/but] diunduh dari m.beritajatim.com

Di baca :2