Gandeng LBB, Gelar Uji Coba UNBK

Posted by Webmaster Sekolah Inovasi

            SMAN 1 Gresik bermitra dengan salah satu Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) terkemuka menghelat uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Uji coba yang diikuti sekitar 349 peserta kelas XII itu berlangsung selama 4 hari (Senin-Kamis, 9-12/01). Peserta dibagi dalam tiga sesi, menempati tiga laboratorium yang tersedia. Sampai berita ini ditulis, pelaksanaan uji coba berjalan lancar. “Alhamdulillah semua berjalan lancar, semoga sampai hari terakhir tetap lancar,” harap Kholilah di ruang ujian (Selasa, 9/1)

            UNBK memang masih relatih lama, akan persiapan menghadapi ritual tahunan itu perlu persiapan yang cukup. Uji coba demi uji coba harus dilaksanakan agar pada saat UNBK seluruh peserta benar-benar berada pada posisi peak performance. Ibarat sebuah tim sepak bola, sebelum memasuki kompetisi yang sebenarnya, perlu dilakukan uji coba dengan harapan saat kompetisi resmi digelar tim benar-benar siap bertarung.

            Wakil kepala sekolah urusan kurikulum, Enny Suryantari mengungkapkan pentingnya uji coba ini. Oleh karena itu pihaknya menggandeng salah satu LBB ternama di kota Pudak. Hasil Uji coba ini memang tidak berpengaruh terhadap capain nilai siswa, namun Enny, sapaan akrabnya, mewanti-wanti agar anak-anak tetap serius. “Kami ingatkan betul agar anak-anak tetap serius. Sebab melalui uji coba ini mereka akan terbiasa menyelesaikan soal-soal di layar monitor. Sebab uji coba merupakan pengalaman yang relatif baru. Utamanya bagi mereka yang waktu di SMP-nya dulu belum UNBK,” paparnya

            Perempuan parobaya itu juga menambahkan agar semua peserta jujur dalam mengerjakan soal-soal. Belajar yang cukup sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri, sehingga tidak tolah toleh saat mengerjakan soal. “Junjung tinggi integritas. Prestasi itu penting, namun jujur itu yang utama. Jaga marwah sekolah ini. Ingat, sekolah ini pernah mendapat anugerah Integritas Ujian Nasional,” sambungnya.

            Indikator akademik memang bukan satu-satunya alat ukur keberhasilan seseorang. Sehingga pantas dikawinkan dengan indikator nonakademik seperti kejujuran. Sehingga ada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sana. Seperti kita ketahui bersama PPK adalah program unggulan Kemdikbud yang sekarang sedang gencar dikampanyekan.

 

Naskah : ono

Foto    : Jae

Di baca :2