Kampanye Sosial Melalui Film Pendek

Posted by Administrator Inovasi

Inovasi kampanye sosial terus bermunculan. Seperti yang dilakukan para siswa SMAN I Gresik. Para siswa tersebut melakukan kampanye sosial melalui film pendek yang menceritakan kehidupan sehari-hari.  Tak disangka, karya mereka berjudul ‘Siap Sehat Siap Bekal’ berhasil mengantarkan para siswa menjuarai ajang Youth Creation tingkat nasional yang diadakan Sotheast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

“Dengan menggambarkan kehidupan sehari-hari bisa mudah diterima masyarakat,” jelas Ketua Kelompok Social Film Productian (SF.Prod) Albi Syihan.

Ia menuturkan, kelompoknya ingin menciptkan kelompok yang memiliki hobi sama di bidang film dan memberi manfaat berupa pesan atau kampanye dari cerita kehidupan sehari-hari. Cerita yang mereka kemas dari kehidupan sehari-haripun beragam, mulai dari gaya hidup, moral anak muda, sejarah hingga kebhinekaan. “Saling mengingatkan itu tidak hanya dengan kontak langsung, namun juga bisa mellaui karya film pendek,” paparnya.

Delapan pelajar yang terdiri dari Albi, Pradhita, Ariya, Herda, M. Falakh, Vandi, Dhea dan Fadhil sudah mulai berproduksi semenjak 2016. Dengan peralatan sederhana, seperti kamera, microfon, sripot, slider, lighting hingga stabilizer, mereka bisa menciptakan film pendek yang bisa jadi bahan sosialisasi. “Niat kami yang semula ingin berpretasi dari fim, juga ingin produktif membuat film agar bisa memotivasi banyak anak muda untuk berbuat baik,” lanjut dia.

Sebelumnya, film berjudul ‘Mendadak Korupsi’ yang mereka buat juga meraih juara 2 di tingkat Nasional. Dimana merek ingin menyampaikan pesa tentang menjaga moral, agar anak muda tetap bisa menjaga amanah dan berbuat jujur. Merela selalu ambil lokasi di Gresik dan tentang kehidupan sehari-hari. “Saya berharap cara kampanye mereka ini bisa mnginspirasi pemuda lainnya, untuk memotivasi kawannya dengan cara yang kreatif,” terang pembimbing kelompok yang juga guru SMAN 1 Gresik Jaenuri.

Kini mereka sedang sibuk mempersiapkan film pendek berjudul ‘Mencetak Generasi Prestasi’ untuk kompetisi nasional.  Ia menuturkan bahwasanya pemuda ini memang memiliki kegiatan rutin untuk diskusi terkait pembuatan film. “Saya bimbing untuk pembenahan alur cerita dan kadang erbaikan agar sesuai dengan kompetisi,” urainya. (est/rof)

Di baca :2