Guru Jepang Abe Akiko Senang Jadi Guru Pendamping

Posted by Administrator Pendidikan

Suasana riang terlihat di salah satu ruang kelas di kompleks SMAN 1 Gresik Sabtu (20/8). Sebab, mereka kedatangan ’’guru” bahasa Jepang dari Negeri Sakura.

’’Senang bertemu anak-anak semua,” kata Abe Akiko dengan bahasa Indonesia yang terbata. Perempuan 47 tahun tersebut adalah penutur asli bahasa Jepang.

Selama delapan bulan, dia terlibat dalam program nihongo partners yang disponsori Japan Foundation Asia Center.

Itu adalah program pengiriman tenaga penutur asli bahasa Jepang untuk menjadi mitra bagi guru Bahasa Jepang. Tujuannya, mengenalkan budaya Jepang di kalangan siswa-guru SMA di Indonesia.

Dengan begitu, terjadi pertukaran budaya dan bahasa antara Jepang-Indonesia. ’’Saat kembali ke Jepang, saya ingin ikut mempromosikan budaya Indonesia,” ujarnya.

Dia mengunjungi beberapa ikon di Kota Gresik. Termasuk Gajah Mungkur dan Kampung Kemasan. Di sela-sela tour, dia diajak mencicipi masakan khas Gresik.

Mulai nasi krawu, bakso, hingga rawon. ’’Saya sangat menyukai kuliner kota ini,” ucapnya, lalu tertawa lepas.

Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto mengaku sangat terbantu dengan program tersebut. Abe Akiko bakal terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar di kelas bahasa Jepang.

Yang bersangkutan menjadi guru pendamping serta mitra bagi siswa. Terutama dalam kegiatan kebahasaan dan kebudayaan Jepang.

’’Lewat program ini, siswa punya perspektif yang lebih luas tentang Jepang,” tuturnya. Selain di SMAN 1 Gresik, Abe Akiko bertugas di SMA NU 1 Gresik hingga Maret 2017. (mar/c5/ai/sep/JPG)

Di baca :2